header

 

 

POSITIVE THINKING

 

Good Morningg, VReaders !!! Masih di suasana Lebaran September 2011 ini, di mana kita membersihkan hati, pikiran, dan jiwa, mari kita kembali mengisi hati dan pikiran kita dengan : “POSITIVE THINKING” ^_^ Cerita sederhana di bawah ini saya ambil dari Harian Bisnis Indonesia, beberapa waktu yang lalu. Alkisah ada sebuah perusahaan Sepatu yang hendak melakukan ekspansi pasar, maka perusahaan tersebut mengirimkan 2 Marketing cowok ke Afrika. Setelah beberapa hari di Afrika, maka Marketing A mengirim telegram: “Tidak Ada Harapan. Titik.
 
Penduduk di sini sejak bertahun-tahun lalu tidak pernah memakai sepatu. Titik.” Tak lama berselang, Marketing B mengirimkan telegram juga, bunyinya : “Peluang Besar. Tanda seru. Penduduk di sini belum ada satupun yang memakai Sepatu. Titik.” VReaders, apa yang anda tangkap dari isi kedua telegram di atas ? Situasi yang dihadapi kedua orang tersebut sama bukan? Secara sederhana pemikiran anda seperti ini : Si A orang yang berpikiran Negatif dan Pesimis. Sedangkan si B lebih Positif dan Optimis. Apakah berhenti sampai di sana ? Jawabannya : TIDAK !! Percaya atau tidak, cara pandang tersebut ikut memBENTUK MASA DEPAN setiap dari Marketing tersebut ! Tidak percaya ? Mari kita ulas lebih lanjut.
 
Marketing A, merasa Tidak Ada Harapan, hanya karena sebelumnya penduduk di Afrika tidak pernah mengenakan sepatu, merasa tidak potensi, dan pulang kembali. Bayangkan apabila di semua pasar baru yang di TUGASKAN oleh Atasannya dia melihat segala sesuatunya dengan Negatif dan Pesimistis, apakah menurut anda dia dapat mencapai Target Penjualan yang ditetapkan untuk dia ?? kemungkinan besar TIDAK ! Karena begitu dia merasa Tidak Ada Harapan, dia TIDAK AKAN BERUSAHA lagi, dan hanya AKAN MENGELUH dan MENYALAHKAN KEADAAN dan meratapi nasibnya. Kalo kita lanjutkan lagi, ternyata setelah dia pulang, dia bercerita ke teman-teman kerjanya, betapa seluruh market yang di survey tidak menunjukkan hasil yang menggembirakan, padahal itu hanya ada di pemikiran pribadi cowok ini.
 
Kita beralih sementara ke Marketing B. Cowok yang Positif dan Optimis ini dengan berseri-seri kembali ke perusahaannya, dan meminta stok untuk dia coba jual di Afrika. Dan karena dia begitu bersemangat, menurut anda dia akan berhasil menjual Sepatu di Afrika tidak ? Kemungkinan besar BERHASIL, karena mindsetnya sudah di set bahwa PELUANG BESAR menanti, mungkin tidak setiap orang yang dia jual mau membeli pada awalnya. Tetapi PASTI ada yang mau beli dan mencoba. Dan setelah beberapa orang pertama beli dan mencoba dan senang kakinya tidak kepanasan kena tanah, mungkin mereka dengan bahasanya sendiri akan mempromosikan ke teman-temannya yang lain, dan akan lebih banyak yang membeli Sepatu ke Marketing B. Akhirnya, TARGET PENJUALAN si Marketing B tercapai. Rekan-rekan kerja di perusahaan pun akan ikut semangat ketika diceritain oleh si B betapa besarnya peluang pasar baru tersebut.
 
Beralih lagi ke Atasan si A dan si B. jikalau anda sebagai Atasan mereka, mana yang anda pilih untuk tetap berada di perusahaan anda? Bagaimana nasib A ? apabila si cowok A terus-terusan pesimis, tidak dapat mencapai Target, dan menyebarkan aura negatif di perusahaannya, tentunya TIDAK AKAN BERTAHAN LAMA. One way or another, either dia keluar sendiri karena gagal mencapai Target atau di Keluarkan karena tidak capai Target dan memberikan pengaruh buruk pada orang lain di team dia. Bukan itu saja, maukah anda memilih partner/ pasangan/ rekan kerja/ teman atau siapa saja disekitar anda jika anda bisa memilih, orang yang kerjanya cuma : ngomel aja, mengeluh betapa malang nasibnya, merasa tidak sanggup dll?
 
Illustrasi ini untuk memberikan gambaran kepada kita semua, bahwa hal sesederhana dari asal mula cara pandang kita, tanpa kita sadari, MEMPENGARUHI NASIB dan MASA DEPAN kita. Artikel ini akan saya tutup dengan illustrasi sederhana satu lagi, yang mungkin telah sering anda baca/ dengar, kiranya kita mengingat inti maknanya sekali lagi.
 
Suatu hari ada keledai tua di suatu pertanian, yang tergelincir jatuh ke sumur tua yang sudah lama tidak menghasilkan air dan tidak terpakai. Otomatis dong si keledai meringkik-ringkik ato apalah saya ga tau, mencari perhatian untuk diselamatkan oleh Pak Tani. Ketika Pak Tani mengetahui bahwa keledai tuanya jatuh ke sumur tua, berpikir : “kalo begitu sekalian aja dah, daripada saya bersusah payah menyelamatkan keledai, dan toh dia sudah tua dan tidak dapat membantu saya banyak seperti dulu, dan saya juga harus anyways menutup sumur tua ini, sekalian dah sekali tepuk dua lalat”. Maka, mulailah Pak Tani mengambil sekop, dan mulai menyekop tanah dan melemparkan tanah ke dalam sumur tua (untuk menutup sumur tua sekaligus mengubur keledai tua).
 
Ketika si keledai tua ini menyadari apa yang dilakukan Pak Tani, maka menangislah dia. Beberapa sekopan pertama dia menangis, sementara tanah terus berjatuhan di punggungnya. Namun tiba-tiba, karena ia berPIKIRAN POSITIF, timbul ide di benaknya, maka mulailah ia mengguncang-nguncangkan tubuhnya, sehingga tanah tersebut jatuh di dasar sumur tua. Maka keledai pun menginjak di atas tanah baru tersebut. Si Pak Tani tidak sadar, dan terus menyekop tanah dan melemparkan ke sumur tua. Setelah beberapa jam, maka tanah pun tertumpuk tinggi, dan karena setiap kali dinaiki oleh keledai, maka keledai pun naik ke tempat/ tanah yang lebih tinggi. Ketika sudah tinggi sekali, maka dengan mudahnya keledai meloncat keluar dari sumur tua dan kabur... melongolah Pak Tani tersebut..
 
Cerita dongeng sederhana di atas, rekan-rekan, memiliki arti yang sederhana namun jelas sekali. Ketika kita di hadapkan oleh situasi (jatuh ke sumur tua, dalam hal ini Tantangan Hidup), maka anda punya 2 pilihan : 1. Meratap dan berkeluh kesah selamanya, dan karena berpikiran negatif dan pesimis, “tidak ada jalan keluar lagi, sudah menjadi nasibku terkubur hidup-hidup di dalam sumur tua ini hiks.. hiks... “ maka benarlah terkubur hidup-hidup. ATAU 2. Menangis sebentar (normal), dan kemudian mulai berpikir positif dan optimis dan mencari jalan keluar, maka berhasil keluar dari situasi sulit/ sumur tua tersebut, dan memiliki hari depan yang penuh pengharapan ! ^_^ Pilihan anda yang mana, rekan-rekan ? Motto : Your Life is Your Choice ! Sering kali saya ocehkan. Namun, kelanjutannya, yang mungkin terlewatkan, adalah implied meaning : bahwa Kebahagiaan/ Nasib/ Masa Depan Anda, sebenarnya tergantung dari Cara Pandang dan Pilihan Anda sendiri ! ^_^
 
Nah, mari kita songsong Lebaran di bulan September Ceria ini, dengan pemikiran dan sudut pandang POSITIF dan OPTIMIS selalu, sehingga kita selalu dapat memikirkan jalan keluar dari setiap situasi yang kita hadapi ! ^_^ Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maap Lahir dan Bathin dari Segenap Direksi, Management dan Staff PT Mitra Setia Budi Sejahtera !! ^_^
 
(C) Copyright by VR, written on 05 September 2011